Produksi Perlengkapan Militer Lokal, India Larang Impor 101 Item Senjata

NEW DELHI (AP) ✪ India pada Minggu mengatakan akan melarang impor 101 item peralatan militer dalam upaya untuk meningkatkan produksi lokal dan meningkatkan kemandirian dalam pembuatan senjata.
Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengatakan pemerintah berencana untuk secara bertahap menerapkan embargo pada impor militer tertentu antara tahun ini hingga 2024.
Kementerian Pertahanan juga mengungkapkan tentang peralatan militer termasuk beberapa sistem senjata berteknologi tinggi, berkisar dari senapan serbu dan artileri hingga mengangkut pesawat terbang, dan helikopter tempur ringan.
“Tujuan kami adalah untuk memberi tahu industri pertahanan India tentang persyaratan yang diantisipasi dari Angkatan Bersenjata sehingga mereka lebih siap untuk mewujudkan tujuan pribumisasi. Ini adalah langkah besar menuju kemandirian dalam pertahanan,” kata Singh dalam sebuah pernyataan tertulis di Twitter.
Pada Mei, India mengumumkan bahwa perusahaan global dapat berinvestasi hingga 74 persen di unit manufaktur pertahanan negara, hal tersebut menunjukan peningkatan dari 49 persen tanpa memerlukan persetujuan pemerintah. Kebijakan baru tersebut diharapkan akan menarik perusahaan asing dengan teknologi canggih untuk mendirikan pangkalan mereka dan bekerja sama dengan industri lokal.
Pemerintah telah mengumumkan bahwa India akan menghentikan impor senjata dan memproduksi di dalam negeri, selaras dengan visi untuk membuat ekonomi India mandiri di tengah krisis virus corona.
India sebagai pembeli utama peralatan militer sangat bergantung pada bekas persenjataan Uni Soviet selama Perang Dingin. Namun hal itu telah mendiversifikasi pembeliannya dengan memilih peralatan AS juga.
Selama kunjungan Presiden Donald Trump pada bulan Februari, kedua negara menandatangani kesepakatan agar India membeli lebih dari 3 miliar dolar peralatan militer canggih, termasuk helikopter.
Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis pada bulan April, India adalah pemboros anggaran militer terbesar ketiga di dunia tahun lalu setelah AS dan China. [ rt ]
 
Associated Press (AP)  
Interaksi Berita