Politisi dan Analis Pertahanan Turki Ditahan Atas Tuduhan Spionase Politik

ANKARA ✪ Pihak berwenang Turki telah menangkap seorang anggota terkemuka dari sebuah partai oposisi atas tuduhan terlibat dalam spionase politik dan militer.

Kantor berita pemerintah Anadolu mengatakan, Senin malam (29/11), bahwa pengadilan di Ankara memerintahkan Metin Gurcan, seorang pensiunan perwira militer dan anggota pendiri oposisi Partai Demokrasi dan Kemajuan, atau DEVA, ditahan sambil menunggu hasil persidangan.

Gurcan, yang sering menulis artikel tentang kebijakan luar negeri Turki dan isu-isu pertahanan, tahun lalu mendirikan partai DEVA bersama dengan pemimpinnya, Ali Babacan, mantan wakil perdana menteri yang memisahkan diri dari partai berkuasa Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Politisi dan analis pertahanan itu dituduh menjual informasi rahasia kepada sejumlah diplomat asing, menurut surat kabar Hurriyet dan laporan media lainnya. Gurcan membantah tuduhan itu selama interogasinya, kata laporan itu.

Tanggal persidangan diperkirakan akan ditetapkan setelah pengadilan menyetujui dakwaan jaksa terhadap Gurcan.

Babacan membela Gurcan dalam wawancara televisi larut malam dengan mengatakan bahwa politisi yang ditangkap itu “tidak memiliki sarana untuk mengakses informasi rahasia yang dianggap sebagai rahasia negara karena ia tidak bekerja untuk negara.”

“Laporan-laporan Gurcan disusun dari informasi yang dikumpulkan dari sumber-sumber terbuka untuk publik,” kata Babacan. [ab/uh]

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: