Petinggi Kartel Narkoba Kolombia “Clan del Golfo” Diekstradisi ke AS

BOGOTA ✪ Kolombia telah menerima permintaan resmi Amerika Serikat untuk mengekstradisi tersangka kartel narkoba atau pemimpin tertinggi Clan del Golfo, Dairo Antonio Usaga, yang lebih dikenal sebagai Otoniel, pada Kamis (25/11/2021).

Presiden Kolombia Ivan Duque mengatakan, bahwa Otoniel, 50, ditangkap oleh angkatan bersenjata Kolombia pada akhir Oktober, dan mengakhiri pencarian selama tujuh tahun atau hampir sewindu.

“Prosedur administrasi sudah dilakukan oleh kementerian kehakiman dan kementerian luar negeri, dan kemarin permintaan itu dikirim ke Mahkamah Agung,” kata Duque.

Duque juga berbicara dengan Ketua Mahkamah Agung Luis Antonio Hernandez untuk meminta agar masalah ini segera ditangani.

Menurut pihak berwenang di negara Andes itu, Otoniel memperdagangkan 180 hingga 200 ton kokain per tahun bersama kartel narkoba Clan del Golfo yang dikenal sebagai Pasukan Bela Diri Gaitanist Kolombia, dan bertanggung jawab atas kematian lebih dari 200 anggota pasukan keamanan.

Sementara itu, Mahkamah Agung telah menyetujui ekstradisi kedua petinggi kartel narkoba Clan del Golfo, Antonio Moreno Tuberquia, yang juga dikenal sebagai Nicolas.

Dilansir dari Reuters, kartel narkoba Clan del Golfo memiliki lebih dari 1.200 pejuang dan terkoneksi dengan jaringan perdagangan narkoba, dan penambangan ilegal serta pembunuhan sejumlah tokoh masyarakat.

Meskipun telah berjuang selama beberapa dekade melawan perdagangan narkoba, Kolombia tetap menjadi produsen kokain global teratas dan menghadapi berbagai tekanan dari Amerika Serikat untuk menurunkan ukuran tanaman koka atau bahan baku utama narkoba, serta produksi kokain.

Perdagangan narkoba membantu mendanai kelompok-kelompok bersenjata di Kolombia di tengah konflik bersenjata internal yang telah berlangsung lama, dan menewaskan lebih dari 260.000 orang.

Sejauh ini, sepanjang tahun 2021 militer dan polisi Kolombia telah memecahkan rekor sebelumnya tahun 2020, dalam penyitaan narkoba sebanyak 505 ton kokain. (*)

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: