Perdana Menteri Haiti Terluput dari Upaya Pembunuhan Kelompok Bersenjata

PORT AU PRINCE ✪ Sekelompok orang bersenjata di Karibia gagal melakukan misi pembunuhan dimana target sasaran tembak adalah Perdana Menteri Haiti Ariel Henry dalam sebuah acara yang sedang berlangsung saat memperingati kemerdekaan negara itu, Sabtu (1/1/2022).

Perdana Menteri Haiti Ariel Henry memaparkan bahwa “para bandit dan teroris” tersebut berupaya untuk menembak dirinya di sebuah gereja di kota Gonaives utara, dimana saat itu perayaan kemerdekaan ke-218 sedang berlangsung.

Berdasarkan video yang diviralkan di media sosial, tampak Henry beserta sejumlah rombongan bergegas menuju kendaraan untuk berlindung dari serangan kelompok bersenjata yang melontarkan tembakan di luar katedral di Gonaives.

Menurut media lokal setempat, satu orang dinyatakan tewas, dan dua terluka dalam peristiwa penembakan itu. Kepolisian Haiti saat ini belum dapat mengkonfirmasi identifikasi korban.

Sementara, kantor perdana menteri telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk sejumlah tersangka dalam peristiwa penembakan yang terjadi.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, serangan itu telah menimbulkan kekhawatiran tentang keselamatan para pejabat di Haiti, dimana negara Karibia tersebut telah terpuruk dalam untaian prahara politik sejak terbunuhnya Presiden Jovenel Moise pada Juli lalu.

Pemerintahan Ariel Henry saat ini menghadapi tantangan yang semakin rumit terhadap legitimasinya ketika dirinya dilantik sebagai perdana menteri, dua minggu setelah insiden pembunuhan Jovenel Moise terjadi, yang dilakukan oleh tentara bayaran. (***)

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: