Malaysia Berkomitmen Menangkap dan Mendeportasi Ribuan Migran Tanpa Dokumen

JAKARTA ✪ Seorang pejabat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jumat (11/6), mengatakan pemerintah sedang bersiap untuk menerima ribuan migran yang dideportasi dari Malaysia.

Hal tersebut terjadi di tengah tindakan tegas pemerintah Malaysia terhadap pekerja tidak berdokumen dan karena negara itu mengalami wabah virus corona paling parah sejauh ini.

Malaysia akan memulangkan sekitar 7.200 orang, termasuk perempuan dan anak-anak yang ditahan di pusat-pusat penahanan, untuk dipulangkan terlebih dahulu, kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri.

Reuters melaporkan jutaan pekerja tidak berdokumen dari Indonesia, Myanmar dan Nepal dan Bangladesh bekerja di Malaysia, seringkali di sektor perkebunan, konstruksi dan manufaktur.

Namun Malaysia berkomitmen untuk menangkap dan mendeportasi ribuan migran tanpa dokumen di tengah pandemi. Kasus dan kematian akibat virus corona mencapai rekor tertinggi bulan lalu di Malaysia, yang memiliki kasus per kapita terbanyak di Asia Tenggara. Rencana itu muncul di tengah kebijakan karantina nasional, yang berlaku hingga 14 Juni. [ah]

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: