Liput Demonstran Oposisi, Puluhan Jurnalis Ditangkap di Kuba

KUBA ✪ Para wartawan Kuba yang meliput unjuk rasa paling serius terhadap pemerintah komunis dalam beberapa dekade telah ditangkap. Mereka menjadi sasaran pengawasan polisi dan diintimidasi oleh pihak berwenang.

Menurut Lembaga untuk Kebebasan Berekspresi dan Pers (ICLEP), sedikitnya 47 wartawan telah ditangkap di Kuba. ICLEP adalah sebuah organisasi yang mendukung media oposisi di pulau itu.

Ketika VOA berbicara dengan direktur eksekutifnya, Normando Hernández González, pada 15 Juli, dia mengatakan bahwa dia baru saja mendengar tentang penangkapan jurnalis lain dan ingin menyebarkan berita itu sesegera mungkin.

Hernandez mengatakan penangkapan itu menunjukkan bagaimana pemerintah Kuba berusaha “mengkriminalisasi profesi kami.”

Puluhan orang ditangkap, satu di antaranya dikonfirmasi meninggal dunia, sementara layanan internet Kuba yang “putus-sambung” dan selama ini digunakan untuk mengatur demonstran dan menyebarkan rekaman tantangan terhadap Partai Komunitas yang berkuasa dan Presiden Manuel Diaz-Canel yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pihak berwenang mengatakan protes itu adalah hasil dari “kontra-revolusioner” yang dibiayai Amerika yang mengeksploitasi kesulitan ekonomi akibat sanksi-sanksi.

Para wartawan mengatakan kepada VOA bahwa polisi telah menyita komputer, ponsel, memutus akses internet atau menempatkan mereka dalam tahanan rumah. [lt/em]

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: