Ledakan di Kawasan Industri Leverkusen, Satu Tewas dan Empat Hilang

BERLIN ✪ Sebuah ledakan di kawasan industri menewaskan satu orang dan empat lainnya dinyatakan hilang, ledakan tersebut telah memicu kebakaran hebat disertai kepulan asap menjulang di atas kota Leverkusen Barat, Jerman Selasa (27/7).

Petugas pemadam kebakaran atau Damkar membutuhkan waktu tiga jam untuk memadamkan api di lokasi Chempark, sebuah perusahaan kimia Bayer (BAYGn.DE) dan Lanxess (LXSG.DE) yang meledak pada pukul 09:40 waktu setempat.

“Kami sangat terguncang dengan kematian tragis seorang rekan, pencarian sedang berlangsung untuk empat orang lainnya yang masih hilang,” kata Manajer dan Kepala Fungsi Keselamatan Chempark, Lars Friedrich.

Friedrich juga mengatakan bahwa 16 orang korban terluka, dan satu menghadapi kemungkinan cedera yang mengancam jiwa.

“Ini adalah saat yang tragis bagi kota Leverkusen,” kata Uwe Richrath, walikota kota Leverkusen.

Seperti diberitakan Reuters, daerah tersebut termasuk jalan raya ditutup dan masih dikelilingi oleh kendaraan petugas layanan darurat.

Selanjutnya pihak berwenang, Polisi setempat menyampaikan peringatan kepada warga yang tinggal di sekitar terjadinya ledakan di kawasan industri itu untuk tinggal di dalam rumah, menutup pintu dan jendela jika asap beracun merebak.

Sementara itu Friedrich menambahkan, tidak jelas apa yang menyebabkan terjadinya ledakan sehingga menimbulkan kebakaran, namun pemicunya dimulai dari tangki yang berisi pelarut.

“Kejadian tersebut belum di analisis sehingga kami belum mencabut peringatan itu,” kata Friedrich.

Sirene dan peringatan darurat pada aplikasi ponsel badan perlindungan sipil Jerman memperingatkan warga akan “bahaya ekstrem”.

Leverkusen berjarak kurang dari 50 km (30 mil) dari wilayah yang dilanda bencana banjir pekan lalu yang menewaskan sedikitnya 180 orang.

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: