Amitabh Bachchan Memberikan Penghormatan Jenazah Legendaris Lata Mangeshkar

MUMBAI ✪ Penyanyi legendaris India Lata Mangeshkar, yang telah mendedikasikan musik dan budaya untuk generasi bangsanya, meninggal pada Minggu (6/2), dilanjutkan dengan prosesi pemakaman kenegaraan yang dihadiri oleh para politisi dan tokoh.

Mangeshkar, 92, penyanyi India yang telah berkarier di industri film Bollywood selama lebih dari tiga perempat abad dan lagu yang dilantunkannya kerap terdengar merdu di televisi, sehingga dirinya mendapat sebutan “The Nightingale”.

“Saya sangat sedih tanpa mampu mengungkapkan dengan kata-kata,” tulis Perdana Menteri Narendra Modi di Twitter.

Perdana Menteri Narendra Modi turut berkabung dengan para pelayat di pemakaman kenegaraan di hamparan terbuka pada Minggu malam.

Menurut Kementerian Dalam Negeri India, pemerintah akan memberikan penghormatan terakhir berikut bendera setengah tiang hingga Senin.

Berdasarkan pantauan mitra Reuters TV ANI, Mangeshkar meninggal karena “kegagalan multi-organ setelah lebih dari 28 hari dirawat di rumah sakit pasca COVID-19”, kata Pratit Samdani, yang merawatnya di Rumah Sakit Breach Candy Mumbai.

Demikian pula Tokoh dan politisi Bollywood lainnya juga memberikan penghormatan. “Suara sejuta abad telah meninggalkan kita,” kata aktor veteran Amitabh Bachchan.

Lata Mangeshkar lahir pada tahun 1929 di India pada masa zaman pra-kemerdekaan, dirinya mulai merintis bernyanyi di masa remaja, dan dalam karirnya selama 73 tahun mendiang telah melantunkan suaranya lebih dari sekitar 15.000 lagu dalam 36 bahasa. (**)

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: