China Menikai Program Senjata Biologi Amerika Serikat di Ukraina

NEWYORK ✪ Perwakilan Tetap China untuk PBB Zhang Jun mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, China percaya bahwa dalam situasi apa pun negara mana pun tidak dibenarkan mengembangkan senjata biologis, dan sangat menentang penelitian ini.

“China dengan tegas menentang pengembangan, kepemilikan atau penggunaan senjata biologi dan kimia oleh negara mana pun dalam keadaan apa pun,” kata dia dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York AS, tentang penelitian biologi militer di Ukraina.

Selain itu, China mendesak semua negara “untuk menghancurkan laboratorium senjata kimia mereka sesegera mungkin.”

Sebelumnya, Kepala Perlindungan Nuklir, Biologi dan Kimia Rusia, Igor Kirillov menginformasi bahwa lebih dari 30 jaringan laboratorium biologi didirikan di Ukraina, yang dikontrak oleh Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Amerika Serikat (DTRA).

Menurut Kirillov, pada 24 Februari semua jaringan laboratorium ini menerima perintah dari Kementerian Kesehatan Ukraina untuk sepenuhnya memusnahkan agen biologis yang merupakan komponen penting untuk menginfeksi mikroorganisme (toksin) berbahaya yang disimpan di laboratorium tersebut.

Berdasarkan presentasi Kementerian Pertahanan Rusia, bahwa Amerika Serikat telah menggelontorkan lebih dari $200 juta untuk pengembangan laboratorium biologi di Ukraina. Demikian diuraikan Kantor Berita Rusia – TASS.

Laboratorium bioteknologi tersebut terlibat dalam program biologi militer Amerika Serikat yang menangani karakteristik dan klasifikasi senjata pemusnah dengan menggunakan patogen organisme sebagai penghasil penyakit seperti wabah bakteri, virus berikut antraks. (*)

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: