Bagaimana Vaksin Kanker dan Hepatitis Bekerja

INFOTAINMENT ✪ GAYA HIDUPVaksin, merupakan bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi untuk bertahan terhadap serangan patogen tertentu terutama bakteri, virus, atau toksin.
Vaksin Pencegahan Kanker
Vaksin pencegahan kanker tidak akan menyerang sel-sel kanker secara langsung. Sebaliknya, akan memburu sistem kekebalan tubuh anda dari sel darah putih yang dikenal sebagai leukosit untuk melindungi tubuh anda terhadap virus yang bisa menyebabkan kanker.
Dengan vaksin ini, sejumlah kecil zat antigen yang biasanya bagian dari virus disuntikkan ke dalam tubuh anda. Meskipun vaksin sendiri tidak menular, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap antigen asing dengan memproduksi antibodi melawan penyakit. Sistem kekebalan tubuh anda memiliki memori yang baik.
Jika sistem kekebalan tubuh anda bertemu dengan virus yang sebenarnya, ia tahu apa yang harus dilakukan dan tingkat serangan antibodi dapat mencegah serviks hati dan jenis kanker Lain.
Beberapa vaksin yang tersedia untuk membantu mencegah serangan kanker
Vaksin Human papillomavirus (HPV), membantu mencegah serangan terhadap kanker serviks (pembukaan rahim),  dan kanker belakang tenggorokan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan vaksin HPV untuk usia 11 atau 12 tahun keatas membutuhkan serangkaian tiga dosis vaksin.
Vaksin hepatitis B (HBV), virus yang dapat menyebabkan kanker hati, Sebagian besar diderita oleh anak-anak di Amerika Serikat yang divaksinasi setelah lahir. Jika anda belum mendapatkan vaksin di usia anak-anak, maka anda harus mendapatkan tiga dosis vaksin HBV setelah dewasa.

Vaksin juga bisa membantu sistem kekebalan untuk melawan sel-sel degeneratif (kanker)

Rizal Tanjung
Bicarakan dengan dokter anda tentang vaksin ini dan lainnya untuk memastikan imunisasi dari dini dan melakukan apa yang anda bisa untuk menjaga terhadap serangan kanker dan penyakit lainnya.
Vaksin Pengobatan Kanker
Vaksin pengobatan kanker menargetkan sel-sel kanker itu sendiri. sel-sel kanker ini bagian dari sel atau antigen untuk menghentikan pertumbuhan kanker. Vaksin memperlakukan sel-sel kanker dengan mengaktifkan ketahanan tubuh anda (leukosit) untuk merespon terhadap jenis tertentu dari sel-sel kanker. Tujuannya adalah untuk menghancurkan sel-sel abnormal yang belum dituntaskan oleh bentuk-bentuk lain dari pengobatan kanker.
Sel-sel kanker yang cukup licik mampu melakukan penyamaran di dalam tubuh dan hal ini sangat berbahaya. Solusinya, lebih baik mencegah kanker dengan vaksin daripada mengobatinya.
Mengobati Kanker Prostat
Sampai saat ini, ada satu vaksin pengobatan kanker disetujui oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika serikat yakni Provenge (sipuleucel-T), sementara untuk vaksin pengobatan kanker prostat masih dalam pengembangan.
Provenge (sipuleucel-T) adalah imunoterapi seluler autologus dirancang untuk merangsang sistem kekebalan tubuh pasien sendiri melawan kanker. Provenge diproduksi dalam beberapa langkah. Pertama darah pasien dijalankan melalui mesin dalam proses yang dikenal sebagai leukapheresis.
Selama proses tersebut, beberapa sel kekebalan pasien dikumpulkan. Sel kekebalan ini kemudian terkena protein dimaksudkan untuk merangsang dan mengarahkan mereka melawan kanker prostat. Setelah paparan ini, sel-sel kekebalan diaktifkan kemudian kembali ke pasien untuk mengobati kanker prostat.
Provenge memanfaatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker prostat. Untuk vaksin ini, serum khusus dibuat menggunakan sel-sel kekebalan tubuh anda sendiri, lebih lanjut Sel dikeluarkan dari darah dan dikirim ke laboratorium.
Studi menunjukkan bahwa Provenge dapat membantu meningkatkan kelangsungan hidup untuk empat bulan kedepan. Indikasi atau fek samping, mengalami demam, menggigil, kelelahan, sakit punggung, mual, dan sakit kepala. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah Provenge dapat menjadi lebih efektif jika dipasangkan dengan jenis lain dari perawatan, seperti terapi. [rt]
Interaksi Berita