Anggota Pasukan Khusus Phoenix Ravens Terlibat Pembunuhan Polisi

SANTA CRUZ, CALIFORNIA ✪ Seorang prajurit militer yang bertugas di matra Angkatan Udara AS, Sersan Steven Carrillo didakwa atas pembunuhan seorang Wakil Kepala Sheriff California Utara. Carrillo adalah anggota tim pasukan elit di pangkalan militer, ia melakukan serangkaian serangan dengan taktik penyergapan, demikian menurut keterangan pejabat setempat, Senin.
 
Sersan Steven Carrillo ditangkap karena diduga menembak mati Sersan Sheriff Damon Gutzwiller yang bertugas diwilayah hukum Santa Cruz County, dan melukai dua petugas lainnya, Sabtu (6/6/2020).
Dia dijerat dengan pidana pembunuhan tingkat pertama, menurut sistem hukum pidana di Amerika Serikat (Adversary System).
Saat ini, FBI (Biro Investigasi Federal) sedang melakukan penyelidikan apakah tersangka Carrillo juga memiliki kaitan atas pembunuhan seorang pejabat federal yang ditembak di luar gedung pengadilan AS di Oakland, minggu lalu. Menurut pengembangan investigasi, modus operandi kedua pembunuhan itu menggunakan instrumen sebuah mobil van.
Carrillo, 32, adalah seorang Komandan Tim (dantim) di satuan khusus Phoenix Ravens di Pangkalan Angkatan Udara Travis, 50 mil (81 kilometer) timur laut San Francisco, sebagai bagian dari organik Skuadron Pasukan Keamanan ke-60.
“Phoenix Ravens ditugaskan untuk melindungi pesawat dan kru dari serangan udara,” kata pejabat Angkatan Udara AS.
Istri Carrillo, Monika Leigh Scott Carrillo yang juga bertugas di Angkatan Udara, ditemukan tewas di sebuah hotel sekitar Mei 2018 ketika dia ditempatkan di Carolina Selatan. Kematian Istri Carrillo dinyatakan bunuh diri, demikian pejabat Angkatan Udara menambahkan.
Sementara itu, menurut keterangan Sheriff Jim Hart, untaian peristiwa tersebut berawal ketika para deputi menanggapi panggilan darurat 911 tentang sebuah mobil van yang mencurigakan di Ben Lomond daerah tak bermarkas di sekitar Santa Cruz, Sabtu. Saksi mata atau penelepon itu mengatakan bahwa dirinya melihat senjata dan alat perakit bom di dalam mobil van.
Ketika para deputi Sheriff tiba, van tersebut bergerak mundur dan para deputi mengikuti. Namun mobil van tersebut menyusuri jalan hingga berhenti di depan sebuah rumah, dan pelaku keluar dari kendaraan tersebut, saat itulah operasi penyergapan terjadi. Kontak senjata tak terhindarkan, tembakan hingga bahan peledak dilontarkan.
Klimaks peristiwa itu, deputi Sheriff Gutzwiller terluka dan kemudian meninggal di rumah sakit. Sementara wakil sheriff yang lain terluka oleh tembakan dan pecahan proyektil peluru, selanjutnya tersangka menghilangkan diri.
“Seorang petugas dari Patroli Jalan Raya California tertembak di tangan,” kata Hart, pihak berwenang setempat.
Carrillo diburu dan kandas dalam drama pengejaran, ketika petugas berhasil melumpuhkannya dengan tembakan.
“Dia dirawat di rumah sakit, diperkirakan selamat, dan polisi lain yang terluka dalam kondisi stabil,” tandas Hart, Minggu.
Penulis: Stefanie Dazio
Editor Bahasa / Penerjemah Tulisan: Rizal Tanjung
Associated Press (AP)
Interaksi Berita