Aktris Senior Korsel Youn Yuh-jung Peraih Penghargaan Pendukung Terbaik Oscars

Pada malam penganugerahan piala Oscar, aktris asal Korea Selatan Youn Yuh-jung berhasil mengalahkan para pesaingnya dan memboyong pulang Piala Oscar sebagai aktris pendukung terbaik.

AMERIKA SERIKAT ✪ ​Aktris Youn Yuh-jung menoreh sejarah pada malam penganugerahan piala Oscar tahun ini sebagai aktris Korea Selatan yang pertama kali memenangkan Piala Oscar.

Ia merebut kemenangan sebagai aktris pendukung terbaik lewat perannya dalam film “Minari”. Dalam film itu, Youn berperan sebagai seorang nenek yang pindah dari Korea Selatan ke Amerika, untuk tinggal bersama anak perempuannya yang sudah berkeluarga dan memiliki pertanian di Arkansas.

Ini merupakan nominasi Oscar pertama bagi aktris berusia 73 tahun, yang sudah berkarier di dunia film Korea Selatan selama lima dekade.

Youn berhasil mengalahkan para penerima nominasi lainnya yaitu Olivia Colman, Amanda Seyfried, Maria Balakova dan Glenn Close, yang telah delapan kali menerima nominasi namun belum berhasil memenangkan satu pun.

“Ini tidak terjadi begitu saja, karena saya telah memiliki perjalanan karier yang panjang. Saya berupaya untuk membangun karier saya setahap demi setahap. Belum pernah terjadi seperti ini. Saya tidak percaya hal-hal seperti ini. Dan penghargaan ini membuat seseorang merasa sangat senang mendapatkannya. Namun saya sendiri tidak percaya pada kompetisi, terutama dalam bidang ini, karena kita membandingkan film yang berbeda, peran yang berbeda. Jadi saya hanya beruntung saja malam ini, lebih beruntung daripada para nomine lainnya. Dan mungkin, saya kira, siapa tahu ini keramahtamahan Amerika bagi bintang film Korea Selatan,” komentarnya.

Youn Yuh-jung tiba di acara penghargaan Piala Oscar, di Union Station, Los Angeles, Minggu, 25 April 2021. (Foto: Chris Pizzello, poll via AP)

Youn menambahkan, sudah saatnya untuk membuka diri terhadap kisah satu sama lain terlepas dari latar belakangnya.

“Sangatlah menyenangkan untuk dapat saling memahami, dan kita seharusnya saling mendukung satu sama lain tanpa membuat kategori. Kita mengkategorikan orang seperti orang kulit hitam, putih, kuning, coklat dan lainnya. Jika kita dapat berwarna bersama, maka itu lebih indah, bahkan pelangi saja memiliki tujuh warna,” lanjutnya.

Kemenangan aktris Youn Yuh-Jin langsung mendominasi berita utama dan media sosial di Korea Selatan.

Media berita besar termasuk Kulmin Ilbo dan Asia Business Daily menempatkan Youn pada halaman pertama mereka, menulis panjang lebar tentang kemenangannya sebagai aktris pendukung terbaik dalam ajang Academy Awards.

“Menakjubkan, Youn Yuh-jung: Perempuan Peraih Oscar,” demikian berita utama yang ditulis Herald Corp.

Ucapan selamat juga datang dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, lewat akun Twitternya. Sementara itu melalui media sosial, warga Korea Selatan dengan cepat memasang cuplikan salah satu tayangan realita Youn, “Youn’s Stay”, di mana ia menyambut kedatangan para tamu asing di Hanok, rumah tradisional Korea, memasak dan melayani para tamu itu bersama dengan sejumlah pesohor Korea lainnya.

Youn menjadi aktris Asia kedua yang meraih kemenangan dalam kategori ini, lebih dari enam dekade setelah aktris Jepang, Miyoshi Umeki, memenangkan piala itu lewat film “Sayonara” pada tahun 1957. [lj/uh]

 

 

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: