Aktor Hollywood Sean Penn Dikaitkan Atas Pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise

MIAMI ✪ James Solages seorang warga Amerika Serikat ditangkap terkait atas pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise, dan dia pernah bekerja bersama aktor Hollywood Sean Penn untuk membangun kembali negara itu dari keterpurukan.

Aktor Hollywood Sean Penn dalam hal ini dihubungkan keterkaitanya dengan Solages dalam bentuk kegiatan kemanusiaan, menurut dari keterangan tiga orang saksi.

Sementara dua orang diantara saksi itu juga mengungkapkan James Solages sebelumnya bekerja sebagai pengemudi dan keamanan di sebuah organisasi kemanusiaan, Penn’s J/P Haiti Relief Organization.

Organisasi kemanusiaan itu didirikan oleh bintang Hollywood Sean Penn beberapa bulan setelah gempa 2010 yang menewaskan lebih dari 300.000 orang di negara Karibia itu untuk mengawasi kamp pemukiman dimana ribuan orang terlantar akibat bencana Haiti.

Selanjutnya seorang diantara saksi mengatakan bahwa Solages sekitar tahun 2011 tidak terlibat lagi dalam kegiatan organisasi itu, sebagaimana saat ini organisasi tersebut bernama CORE.

Ketiga orang saksi itu mengajukan hak anonimitas karena mereka menganggap tidak berwenang untuk membentang masalah tersebut di publik.

Bintang Hollywood Sean Penn yang pernah ditunjuk sebagai duta besar oleh mantan Presiden Haiti Michel Martelly, dirinya menganggap bahwa kehormatan itu sebagai pengakuan atas pekerjaan kemanusiaannya bersama 40.000 warga yang kehilangan tempat tinggal sejak gempa 2010.

Menurut Associated Press, Solages merupakan salah satu dari dua warga Amerika Haiti yang ditangkap sebagai bagian dari rangkaian penyelidikan atas pembunuhan Moise.

Pria berusia 35 tahun itu pernah belajar di Florida selatan dan pada 2019 mendirikan organisasi kemanusiaan untuk membantu penduduk kampung halamannya di Jacmel, di sepanjang pantai selatan Haiti.

Dia bekerja sebagai pengawal untuk Kedutaan Besar Kanada di Haiti, dan tidak memiliki kemampuan pelatihan militer.

 

Interaksi Berita
Interaksi Komentar: